Pages

Selasa, 16 Juni 2015

Nostalgia #1 Tahap Baru Hidupku

Tidak terasa waktuku 6 tahun di SD telah selesai, aku lulus dengan NEM 28,65. Alhamdulillah, itu sudah melebihi targetku. Sebentar lagi saatnya pendaftaran SMP. Di kotaku, SMP favorit yang berstatus RSBI adalah SMPN 1 dan diikuti SMPN2. Umumnya, semua anak memilih untuk mendaftar di SMPN 1, terlebih yang memiliki NEM tinggi. Tapi tidak sama halnya denganku.

Aku justru memilih melanjutkan sekolah di SMPN 2 Madiun, walau sebenarnya nilaiku lebih dari cukup untuk masuk SMPN 1. Alasannya simpel, aku tidak ingin satu sekolah lagi dengan tema-teman perempuan dari SD-ku yang mayoritas mendaftar di SMPN 1. Hal itu wajar, karena aku sebenarnya bisa disebut "kuper" saat SD jadi aku tidak bisa berteman akrab dengan mereka yang "gaul". Jadi aku memutuskan dengan mantap untuk mencari teman-teman baru di SMP dan berusaha menjadi lebih baik dalam berteman. Bahkan, aku sempat ngambek tidak mau sekolah saat ibu dan Ayah membujukku masuk ke SMPN 1.

Aku memang ngotot pengen ke SMPN 2. Kupikir, aku yang sekolah jadi aku yang berhak memilih sekolahnya. Hoho, itulah yang kukatakan dulu pada Ibuku. Alhamdulillah, Ibu dan Ayah akhirnya menyetujui aku untuk daftar di SMP2. Aku ingat sekali saat itu Ibu berkata padaku "Berusahalah untuk menjadi ikan besar di kolam yang kecil". Maksudnya aku harus berprestasi di sekolah itu. Ya, akan kubuktikan suatu saat, aku yakin itu.

Hari pendaftaran di buka! Diantara banyaknya peserta yang daftar, tidak lebih dari 5 orang teman perempua dari SD-ku yang mendaftar di sana. Good job! Hehehe.... Aku daftar di temani ayah. Jadwal tes pun segera dibagi. Maklum, waktu itu masih RSBI, jadi penerimaan siswa baru bukan hanya berdasarkan NEM, tapi juga tes masuk sekolah. Aku berharap hasil tes-ku nanti memuaskan.

Aku ingat, saat tes berlangsung, aku ngerjain soalnya santai banget. Saking santainya aku salah lihat jadwal! Jadi saat waktu tinggal 10 menit masih ada 40 soal yg belum aku kerjain. Fine! Usaha sebisanya aja lah. Aku udah bener-bener pasrah akan hasilnya, walau tetap saja aku berharap bisa masuk ke SMPN 2.

Akhirnya setelah berhari-hari deg-degan menunggu, hasil tes keluar juga. Nilai tes akademikku 86,25. What? Itu udah termasuk nilai yang tinggi. Gimana bisa? Wow... senengnya...!Sayangnya aku lupa hasil IQ tes ku dulu. Dan saat daftar nama murid yang diterima dan pembagian kelas dipasang, hore.... ternyata namaku masih ada di urutan 38 (seingatku)! Namaku ada di bagian kelas 7A, yang beberapa saat kemudian baru aku tau itu kelas unggulan! Aku ditempatkan di kelas itu bersama teman-teman cowok dari SD-ku dulu. Untungnya mereka adalah teman-teman yang waktu di SD dulu lumayan akrab denganku. Alhamdulillah....

Pelaksanaan MOS SMP ternyata tidak semenakutkan yang ada kubayangankan. Hanya PBB, pengenalan lingkungan sekolah, penyuluhan narkoba, games dan pembentukan pengurus kelas. Hari-hari di kelas 7 berlangsung seru dan menyenangkan. Walau aku masih dengan malu-malu mencoba berkenalan satu sama lain dan minggir sambil menundukkan kepala kalau kakak kelas lewat. Namun setiap hari kulewati dengan semangat dan bahagia.

Setiap hari, aku selalu dengan heboh bercerita pada Ibu tentang pengalaman seruku sebagai murid baru di SMP. Aku benar-benar menikmati keberadaanku di SMPN 2 itu. Ketua kelasku gokilnya minta ampun. Kelasku berisi 28 orang murid yang masing masing-masih berusaha menyesuaikan diri dengan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Namun hal itu membuat kami sangat kompak.

Baru satu minggu masuk SMP, aku sudah harus mengikuti kegiatan kemsar (kemah besar). Kebetulan seragamku belum jadi, jadi terpaksa aku pakai seragamku SD yang masih berupa rok dan hem pendek. Padahal, seragam SMP-ku celana panjang dan blus panjang. Kemsar diadakan di lapangan Brimob 501. Jadi sudah jelas kalau kemah di sana dilaksanakan secara militer. Oh no! Pengalaman tak terlupakan adalah saat harus naik ke atas menara untuk flying fox. Tangganya hanya berupa tangga kecil yang sangat tinggi, dan aku naik tanpa pengaman. Takut pasti. Untungnya aku berhasil sampai di atas dan meluncur turun dengan aman. Pulang kemah, sudah jelas kulitku mendadak hitam dan mengelupas. Hiks :(

Setelah libur lebaran, sekolah masuk seperti biasa bahkan dengan kegiatan yang lebih seru. Yup! HUT SPENDA ke-66. Setiap kelas sibuk menyambutnya. Kami sibuk membuat kaos kelas, menyiapkan menu untuk bazar, sampai mengadakan berbagai latihan untuk mengikuti berbagai games yang ada. Perayaan HUT dilaksanakan 3 hari, tanggal 15, 16 dan 17 September 2012.

Pada hari pertama HUT SPENDA, diisi dengan bazar makanan. Setiap kelas membuka stand makanan. Wuah stand kelasku bisa dibilang ramai. Memang jajanan dan es bikinan para orangtua teman-temanku itu sangat lezat. Aku saja membeli beberapa untuk aku makan di rumah. Kami kelas 7 yang masih malu-malu hanya diam di stand menunggu pengunjung. Beda dengan kelas 8 dan 9 yang berkeliling menjajakan dagangannya, bahkan dengan iming iming mendapatkan nomor HP dan selfie dengan senior yang populer. Hahaha... Seru sekali hari itu.

Hari kedua HUT SPENDA diisi berbagai lomba. Mulai olimpiade, napak tilas sejarah SMPN 2, pertunjukan panggung, dan lain lain. Aku sendiri mengikuti lomba napak tilas. Berkeliling Kota Madiun sambil mempelajari sejarah SMP-ku yang dulu memang berperan dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Bangga sekali rasanya! Anehnya aku tidak merasa lelah, padahal rute yang harus dilewati cukup jauh dan kelompokku sempat salah jalan jadi harus putar balik. Dan itu tentu saja membuat rute yang kami lewati jadi lebih jauh. Namun semua itu tidak sia sia, tim napak tilas kelasku mendapat juara 3! Padahal juara 1 dan 2 masing masing dipegang kelas 9 yang tentunya sudah sangat hafal sejarah sekolah. Tidak hanya tim napak tilas yang sukses, dari bidang olimpiade kami juga mendapat peringkat. Hari itu bintangnya adalah kelasku. Senangnya....

Hari ketiga HUT SPENDA adalah tanggal hari jadi sekolah. Seluruh murid diajak pawai keluar sekolah. Kami berbaris mengikuti drumband pakai seragam kelas masing-masing mengelilingi daerah di sekitar sekolah. Siangnya acara syukuran yang dilakukan di kelas masing masing.

Kegiatan selanjutnya datang pada bulan April 2013. Kartini's day. Semua murid perempuan harus memakai kebaya sedangkan yang laki laki hanya perlu mengenakan batik. Tentu saja hal itu membuat para perempuan merasakan ketidakadilan (-_-). Hayah.... Hari itu banyak lomba diadakan. Salah satunya Kartini Kartono. Kelasku mengirimkan pasangan yang menurut kami paling serasi, dan mereka melakukan tugasnya dengan sempurna.

Kegiatan terakhir di kelas 7 adalah outdoor learning di Jatim Park Malang. Semua murid kelas 7 berangkat menggunakan bis. Ada 4 bis yang disediakan. Karena jumlah kelasnya 8, itu berarti satu bisa untuk dua kelas. Semua acara berlangsung lancar dan menyenangkan. Sayangnya saat pulang dan mampir membeli oleh-oleh, hujan turun dengan derasnya. Akibatnya, basah deh bajuku :(

Jam kosong adalah kesukaan kami! Banyak hal kami lakukan kalau ada jam kosong. Mulai dari bermain game, selfie atau bahkan sekedar bermain laptop. Tapi tidak hanya jam kosong, karena saat pelajaran biasa pun, kelas kami sama serunya. Terutama saat kuis sedang berlangsung. Semua akan berusaha menjadi yang terbaik. Begitu juga saat ada tugas kelompok, kami akan pergi ke rumah salah satu teman untuk mengerjakannya, dan tentunya, sekalian main. Hahaha.

Di kelas yang katanya unggulan ini persaingan terasa sekali. Bahkan perbedaan nilai "nol koma sekian" bisa mempengaruhi rangking kami di kelas. Selain itu, kami yang berada di kelas 7A sering gemas kalau melihat nilai di kelas lain. Misalnya seseorang yang mempunyai nilai rata-rata 90 di kelasku hanya mendapat peringkat ke-5, sementara di kelas lain nilai segitu bisa jadi peringkat ke-1.

Dilihat dari semua sisi, aku menyukai azeva. Azeva adalah singkatan dari Anak ZEVen A. Aku menyukai kelasnya yang AC-nya selalu dingin. Aku menyukai layar LCD yang diikat dengan tali rafia karena pernah dijatuhkan guru TIK. Aku menyukai suasana kelas yang hangat. Aku menyukai perasaan bersahabat dari semua teman-teman di sini. Jadi, begitu aku dapat info kalau kelas 8 akan ada pengacakan kelas, jujur saja aku sedih. Tapi ya sudahlah, life must go on kan. Lagian masih ada kesempatan bisa satu kelas lagi, kalaupun tidak kan kami semua masih satu sekolah. Hohoho xD

Nilai SKHUN sama Tes RSBI ku :D





HUT SPENDA 66 \(^_^)/







Kartini's Day xD





Outdoor Learning :p



Jamkos horee!!




~To Be Continued~

0 komentar:

Posting Komentar